Respon Barcelona Terkait Wilayah Catalunya

Respon Barcelona Terkait Wilayah Catalunya

Cheekymonkeystpaul.com – Ada sebanyak tiga klub yang berasal dari wilayah Catalunya. Meskipun sudah ada larangan yang dilakukan oleh Pemerintah Spanyol, publik Catalunya dikabarkan akan tetap menggelar referendum pada 1 Oktober. Referendum tersebut dilakukan untuk menentukan apakah Catalunya tetap menjadi bagian Spanyol atau memisahkan diri dan menjadi negara merdeka.

Pemerintah Spanyol menganggap referendum tersebut inkonstitusional dan memerintahkan polisi untuk menghalau upaya dilakukannya referendum. Rangkaian kejadian itu, membuat Spanyol menghadapi salah satu situasi politik paling panas.

Yang menjadi perhatian besar di balik kisruh politik ini adalah bagaimana nasib FC Barcelona dan klub-klub lain yang berada di wilayah tersebut. La Liga dan otoritas Asosiasi Sepakbola Spanyol sudah menyatakan kalau Barca dan teman-temannya asal Catalunya tidak akan bisa main di Liga Spanyol andai Catalunya benar merdeka.

Barcelona pada beberapa hari lalu sudah menyatakan dukungan untuk memilih melepaskan diri dari Spanyol.

“Barca, sesuai dengan sejarah komitmetnya untuk melindiungi negara, demokrasi, kebebasan berekspresi dan hak untuk memilih. Akan terus mendukung apa yang dipilih oleh mayoritas penduduk Catalunya.”

Barcelona bukan merupakan satu-satunya klub yang memang berasal dari Catalunya di La Liga. Ada juga Espanyol dan pendatang baru Girona. Girona punya pandangan seperti Barcelona, mendukung referendum demi mendapat kemerdekaan. Sementara Espanyol menyatakan tidak akan mau terlibat dalam urusan politik.

“Penting untuk menjaga Espanyol dan dunia olahraga terlepas dari posisi sosial-politik yang penuh dengan omong kosong dan tanpa arti,” demikian pernyataan Espanyol melalui akun Twitter mereka beberapa hari lalu.

Masih menurut Marca, saat ini ada 11 klub sepakbola asal Catalunya yang berlaga di Liga Spanyol. Mereka tersebar dari level La Liga hingga beberapa tingkat di bawahnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *